6 Tips dan Cara Cerdas Beli Gadget Bekas

Membeli gadget bekas dapat jadi pilhan terbijak bagimu. Coba pikir:mengapa harus beli barang baru bila gadgetnya hanya akan anda pakaisejumlah bulan? Kenapa pun harus beli baru bila dalam sejumlah bulan harga produk bekasnya udah murah banget?

Tapi anda harus awas. Gadget ialah barang yang gampang dimodifikasi —diolah isinya dan dipasarkan kembali oleh orang-orang yang “cerdas”. Makanya kamu pun harus cerdas sebelum melakukan pembelian gadget bekas. Yuk, ikuti sejumlah tips dari Admin inilah ini!

1. Tahu Apa Yang Kamu Beli

Gadget Bekas
Gadget Bekas

Sekedar tahu anda mau beli laptop, ponsel pintar, atau kamera aja gak cukup. Kamu pun harus tahu brand laptop apa yang anda incar, kamera dengan lensa apa yang anda inginkan, atau prosesor apa yang anda harapkan terdapat dalam ponsel pintarmu.

Jika hal-hal di atas tersiar terlalu teknis, tanyakan pertanyaan ini pada dirimu: “Kenapa aku mesti memakai gadget ini?” Apakah bikin bekerja, mendesain, mengetik, atau sebatas buat fun?

2. Survey Harga

Menurut situs happybet188 sebelum memahami harga bekas suatu barang, cari informasi dulu berapa harga barunya. Ini mencegahmu terpedaya nantinya.

Di luar sana, tidak sedikit outlet yang dapat memberikanmu cerminan harga suatu produk yang adil. Misalnya, kamu dapat buka gsmarena.com, bhinneka.com, tabloidpulsa.co.id, dan pcplus.co.id. Di sana telah ada tinjauan, spesifikasi dan harga gadget-gadget yang anda incar. Setelah tahu harga barunya berapa sekarang anda punya modal bikin terjun ke pasar gadget bakas.

3. Cari Penjual Yang Reputable

Gadget Bekas
Gadget Bekas

Agar terhindar dari bisa jadi kecewa sebab barang jelek, anda harus temukan penjaja yang punya reputasi bagus di kalangan penikmat gadget. Yang teliti: tidak boleh langsung percaya pada label recommended seller. Baca dulu komentar dan testimoni pembeli sebelumnya soal penjaja ini. Kamu pun punya opsi buat beli di toko yang punya bangunan jasmani seperti toko komputer atau toko yang emang mengutamakan diri memasarkan gadget bekas.

Jika hendak mendapat gadget yang masih terawat, jajaki kunjungi komunitas pecinta/pemakai gadget. Misalnya komunitas fotografer. Hampirdijamin dalam tiap komunitas ada pekerjaan jual beli. Kamera yangdipasarkan disana juga masih dalam kualitas yang baik sebab pemilik sebelumnya ialah orang yang ahli.

4. Ketemu Langsung, Kalau Bisa

Jual-beli secara online memang lebih praktis dan mudah. Tapi andai kamuhendak mendapat kepuasan, bertemulah langsung dengan si penjual.

Foto-foto barang yang bagus bukan garansi bahwa benda tersebut nantinyabakal memuaskan kamu. Ketika hingga di rumahmu, barang itu dapat ajabuat kamu kecewa. Kamu dapat tertipu barang cacat atau palsu. Bahkan adapun barang yang sudah ditunaikan sesuai kesepakatan tapi kesudahannya tidak dikirim.

Walaupun anda bernegosiasi dengan penjaja online bereputasi baik, bersikeraslah bikin bertemu langsung. Pastikan kalian bertemu di siang hari dan di lokasi terbuka. Kamu tentu lebih mudah mengecek gadgetnya di kafe outdoor daripada di dalam klub malam.

5. Pastikan Itu Bukan Barang Curian

Inilah deviden lain bila kamu bertatap muka dengan penjaja secara langsung. Kamu lebih gampang menilai apa orang tersebut menjual barang curian, atau darurat melepas gadget kesayangannya sendiri sebab emang lagi perlu duit.

Barang curian seringkali dijual dengan harga yang murah banget. Bagi itu, andai kamu mengejar sebuah gadget yang dipasarkan murah, selidiki alasannya. Jika yang dijual ialah ponsel, kamu dapat meminta nomor IMEI barang dan mengecek keabsahannya.

6. Nego Awal

Sebelum bertemu empat mata dengan penjual, negosiasikan dahulu harganya menurut survey yang udah anda lakukan sebelumnya. Nego mula ini dapat dilakukan via telepon, SMS, atau online. Sampaikan bahwa nantinya kamuhendak memeriksa gadgetnya secara menyeluruh. Kalau perlu, tesketerampilan gadget tersebut sekalian.

Jika penjual menampik syarat yang anda ajukan itu, ada bisa jadi dia cuma inginkan menipu kamu. Tapi andai dia mau memperlihatkan kelemahan yang dipunyai gadget-nya, berarti dapat jadi dia jujur. Semakin detil yang dia perlihatkan, semakin baik. Kamu jadi punya lebih tidak sedikit informasi mengenai berapa harga sebetulnya yang pantas anda bayarkan. Lecet-lecet halus pada gadget barangkali gak bakal menurunkan harganya. Namun bila ada lecet di layar atau lensa, anda boleh mohon potongan harga.

Sampaikan pun kalau ini hanya nego mula — seluruh masih berdasar pada apa yang dia tampilkan di internet. Keputusan final baru akan diciptakan setelah kalian bertatap muka dan mengecek barangnya berdua dengan seksama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *